Sunday, March 18, 2012

Review Film I Don't Know How She Does It




Film ini menceritakan tentang Kate Reddy (Sarah Jessica Parker) yang sehari-hari bekerja di firma manajemen finansial di Boston dan juga merangkap sebagai ibu rumah tangga. Kate yang bersuamikan arsitek bernama Richard Reddy (Greg Kinnear) tentu saja harus pandai membagi waktu antara karier dan keluarganya. Hal yang tidak mudah karena kedua anaknya juga menuntut perhatian yang tidak sedikit. Marla (Jane Curtin) dan Ben (Theodore/Julius Goldberg) sering protes karena ibunya sering absen dari kehidupan mereka.





Dalam pekerjaannya, Kate harus berhadapan dengan rekan kerjanya yang menyebalkan, lalu atasannya, Jack Abelhammer (Pierce Brosnan) yang karena panjangnya jam kerja secara tersamar menunjukkan ketertarikan padanya. Kate juga harus menghadapi pandangan miring dari Momo (Olivia Munn) yang prioritasnya tertuju pada kariernya dan menganggap Kate tidak disiplin karena tiba di kantor tidak tepat waktu. 





Di pihak lain, Kate juga harus menghadapi opini negatif dari ibu-ibu lainnya yang sepenuhnya ibu rumah tangga dan menganggap Kate tidak becus mengurus anak. Untunglah Kate punya Allison (Christina Hendricks), sahabat yang selalu mendukungnya.





Tentu saja Kate kadang harus bersikap cerdik. Saat ibu-ibu di lingkungan sekolah anaknya diminta membawa kue, Kate yang tidak punya waktu akhirnya membeli kue dan meremukkannya serta menaburinya dengan gula halus dan mengakui kue itu sebagai buatannya. Meski berusaha menjadi ibu dan karyawan yang baik, tetap saja Kate kadang kewalahan. Apalagi saat rambutnya tertular kutu dari anaknya. Kate harus menahan diri untuk tidak terus-menerus menggaruk kepalanya selama meeting. Karena itu Kate senang saat Momo akhirnya hamil karena bukan dia saja yang merasakan susahnya menjadi ibu sekaligus wanita karier.





Meski hubungannya dengan suaminya sempat diwarnai pertengkaran dan ia juga harus sering menghadapi anak-anaknya yang rewel karena sering ditinggal pergi oleh ibunya untuk urusan pekerjaan, di akhir cerita Kate berhasil membina hubungan baik dengan koleganya sekaligus memperbaiki hubungannya dengan suami dan kedua anaknya.





Sebenarnya untuk sebuah film komedi, film ini tidak begitu lucu. Malahan agak membosankan. Film ini juga agak utopis, sehingga terkesan kurang realistis. Dalam kehidupan yang sesungguhnya, berapa banyak wanita karier sekaligus ibu rumah tangga yang berhasil dalam kedua peran ganda itu? Tapi itulah pesan yang ingin ditonjolkan dalam film ini. Sesuai judulnya, I Don't Know How She Does It. Scene yang agak lucu adalah saat Kate menggaruk-garuk rambutnya saat tertular kutu. Selebihnya tidak ada yang cukup memancing tawa.





* Gambar dipinjam dari Wikipedia.