Tuesday, February 14, 2012

Sedikit Memori tentang Jackson 5

kemarin Fox channel memutar film Michael Jackson : This Is It. film itu ternyata bercerita tentang proses persiapan konser Michael di London. sekilas memori saya terpanggil saat MJ menyanyikan lagu Stop! The Love You Save. dulu itu salah satu lagu favorit saya, tidak tau judulnya apa, tidak tau liriknya bagaimana, cuma tau nadanya saja :D


waktu masih duduk dibangku taman kanak2, suatu ketika bapak saya memutarkan sebuah video musik koleksinya, dan ini adalah video pertama yang saya suka [jaman segitu belum tau yang namanya Michael Jackson]. yang saya ingat, saya suka ikut menirukan gerakan kaki Michael :D dan menurut saya ini adalah bentuk wajah Michael Jackson yang paling ganteng dan seksi.....even him with his dark skin...




okay, itu video pertama yang saya lihat dari Jackson 5, live dari konser peringatan Motown yang ke 25 tahun. seee, Michael jaman dulu kaya apa, sekarang kaya apa?? untuk orang2 seangkatan saya mungkin lagu2 Jackson 5 kurang familiar di telinga, kebanyakan lebih banyak mengenal lagu2 milik Michael Jackson. tapi saya pribadi lebih suka lagu2 ini daripada lagu2 MJ


di beri nama Jackson 5, karena grup ini terdiri dari 5 kakakberadik keluarga Jackson, yaitu Jackie, Tito, Jermaine, Marlon, dan Michael. mereka membentuk grup di tahun 1964, kala itu Michael Jackson masih berumur 5 tahun. Awalnya grup ini hanya terdiri dari 3 saudara tertua Jackson (Jackie, Tito dan Jermaine) dengan nama The Jackson Brothers. tetapi setelah mengetahui kemampuan bernyanyi dan menari Michael, sang ayah menambahkan Marlon dan Michael untuk bergabung dengan grup tersebut.


sebuah fenomena mungkin, 4 single pertama mereka I Want You Back, ABC, The Love You Save, I'll Be There mencapai ranking puncak di billboard top 100. 


di tahun 1976, Jackson 5 berpindah dari Motown ke CBS, tetapi Jermaine lebih memilih tetap berada di bawah naungan Motown. hal itu menyebabkan Jermaine keluar dari Jackson 5 dan digantikan dengan Randy, adik termuda mereka.


di tahun 1979, Michael mengeluarkan album solonya yang ternyata jauh lebih sukses dibandingkan dengan grupnya. tahun 1980 pun Michael meninggalkan Jackson 5. kemudian diikuti dengan Marlon yang memulai bisnis pribadinya. album Jackson pasca keluarnya Michael dan Marlon, kurang begitu berhasil mencapai target pasaran, sehingga di tahun 1989 pun mereka nonaktif. tidak pernah ada kata bubar, hanya mereka tidak aktif bernyanyi lagi.


nice to be remembered....sampai sekarang, tiap nonton konser2 MJ, yang saya tunggu adalah medley dari 4 hits Jackson 5. 



My Ping in TotalPing.com